Friday 5 April 2013


Universitas Gadjah Mada, Simbol Pendidikan Yogyakarta

ugm2
Universitas di Yogya memang sangat banyak. Dan popular. Contohnya adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), dan banyak lagi. Dari semua universitas di Yogya, tentu saja ada satu universitas yang paling menonjol diantara lainnya. Yaitu, UGM.
Setiap kalangan dari yang masih muda sampai tua, pasti mengetahui UGM. Kalau kita jadi siswa SMA/SMK Yogya, nanti pasti ditanya “Besok masuk UGM ya?” lalu kita pasti menjawab “AMIIIIIINNN”. UGM memang universitas paling top di Yogya bahkan Indonesia. UGM bahkan menempati peringkat 53 di Asia (berdasarkan situs resmi UGM) dan peringkat 440 di dunia (berdasarkan Webometrics).
Lalu apa sih yang membuat UGM itu WOW?
1.Termasuk universitas tertua di Yogya
UGM adalah universitas tertua kedua di Yogya (tertua UII). Dibangun pada tahun 1946, diresmikan pada tanggal 19 Desember 1949, dan masih bertahan sampai sekarang bahkan menjadi universitas paling bagus di Yogyakarta. Karena hal inilah banyak orang tua yang sangat mengerti UGM.
2.Fakultas pendidikan yang Komplit
UGM mempunyai 18 fakultas yang bisa dipilih. Tentu saja fakultas-fakultas itu sangat berkualitas. Apalagi fakultas kedokteran yang sangat laris diminati banyak Calon Mahasiswa.
3.Biaya pendidikan yang besar
Kalau mau mendaftar di UGM tanpa beasiswa, harus bersiap merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Bayangkan saja, untuk fakultas kedokteran bisa sampai 100 juta rupiah. Tapi, tenang saja, apabila kalian dapat beasiswa, bisa masuk gratis, asal kalian berprestasi. Jadi hanya orang-orang terpilihlah yang bisa masuk universitas ini.
4. Tenaga kerja yang professional
Dosen yang ada di UGM sangat professional. 36,65% bergelar doktor. Wow. Ya memang UGM sangat mengedepankan kualitas pengajarnya, agar kualitas pendidikannya juga lebih maju. Oh ya, UGM juga mempunyai tenaga ahli dari luar negeri, yang tentunya professional juga.
5.Universitas terbesar di Yogya
Dengan luas tanah sampai mencapai kurang lebih 180 hektar, bayangkan saja seberapa luas universitas ini. Ohya, para mahasiswa kebanyakan menggunakan sepeda untuk transportasi, selain menyehatkan juga untuk mengurangi Global Warming.
Itu tadi sekilas tentang UGM. Tidak salah kalau UGM menjadi simbolnya Yogyakarta. Memang karena UGM sangat berkualitas. Kami sebagai warga Yogyakarta sangat bangga mempunyai Universitas Gadjah Mada, universitas yang terus mendidik banyak orang pintar untuk memajukan bangsa (lebih bangga lagi kalau bisa bersekolah di UGM). Sekian dari saya, apabila ada salah pengucapan kata, saya mohon maaf (karena ini murni buatan saya). Terima kasih.

Sumber : http://smk2yogyakarta.com/

No comments:

Post a Comment